12 Januari 2013

Segala Sesuatu Mendatangkan Kebaikan

Seringkali permasalahan dan tekanan datang dalam hidup secara tiba-tiba, diluar dari apa yang bisa kita prediksi, mungkin kadang kita menyalahkan diri kita atau orang yang disekitar kita atas masalah yang menimpa hidup kita, dan akhirnya kita menyalahkan keadan dan kita berkhir dengan putus asa, tapi apa yang dikatakn firman Tuhan. Firman Tuhasn katakan :

"Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah .."
Roma 8:28a


Setidaknya ada dua syarat atau kondisi yang harus kita penuhi supaya kita bisa melihat bahwa Allah turut bekerja dalam segala perkara yang kita hadapi untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

Kondisi yang pertama
Janji pada roma 8:28a ditujukan hanya bagi mereka yang mengasihi Tuhan. disaat persoalan hidup datang dalam hidup kita entah itu menyangkut keluarga, bisnis, keuangan, pekerjaan, ataupun pelayanan yang kita hadapi, pertama apa yang menjadi respon kita kepada Tuhan, apakah kita tetap mengasihi Dia, seringkali kita marah dan diam(putus asa), tidak lagi mau berdoa, kita mulai tidak percaya, disinilha kita di lihat. apakah kita Tetap Setia dan percaya bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita disaat semuanya diijinkan terjadi dalam hidup kita.

Kondisi yang Kedua
Janji tersebut ditujukan kepada mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana-Nya. orang yang hidup dalam rencana Tuhan, adalah orang yang tidak akan pernah goyah sekalipun bisnis mereka hancur, sekalipun persoalan rumah tangga tidak kunjung selesai, atau pelayanan mereka tidak ada perubahan, tapi Dia tetap percaya dan tetap menjalani dengan iman, bukan menjauhkan dirinya dari pelayanan, Dia tetap akan berusaha dan tetap bekerja, karena dia percaya bahwa tuhan sanggup mengubah keadaan ini menjadi sesuatu yang baik, karena segala sesuatunya bekerja bersama-sama untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

1. Allah tidak pernah bekerja dengan memakai jalan pintas
Keluaran 13:17
 “Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; Sebab Firman Allah: ”Jjangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir. Tetapi Allah menuntun bangsa itu berputar melalui jalan di padang gurun menuju ke Laut Teberau. Dengan siap sedia berperang berjalanlah orang Israel dari tanah Mesir”.

Bagi Allah proses terlebih penting dari pada jawaban Doa kita, seringkali kita segalanya kita mau cepat selesai dan serba instan. Tetapi Tuhan mau agar kita menjalani prosesnya. karena Tuhan tau kita mampu kalau kita percaya,  Ada banyak contoh di Alkitab orang-orang yang hidup dalam proses bukan serba cepat atau instan contohnya:

Musa: Musa ingin cepat menjadi seorang pemimpin tetapi apa yang terjadi untuk dia menjadi seorang pemimpin, Tuhan harus membawa dia ke padang gurun selama 40 tahun untuk memimpin bangsa Israel yang tegar tengkuk. dari sinilha kita melihat bagaimana Tuhan mempersiapkan Musa selama 40 Tahun.

2. Allah mau memakai setiap potensi yang kita miliki
Tuhan tidak pernah memberikan yang terbaik kepada orang yang malas dan tidak mau bekerja, jangan bermimpi bahwa Tuhan mau mengerjakan yang terbaik bagi masa depan kita, jika kita hanya tidur, malas dan bersantai-santai di rumah.Tuhan mau ada usaha yang harus kita lakukan, apabila kita baca di 2 Raja-raja 4:1-7.
Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: "Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya."Jawab Elisa kepadanya: "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak. Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!" Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang. Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: "Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi," tetapi jawabnya kepada ibunya: "Tidak ada lagi bejana." Lalu berhentilah minyak itu mengalir. Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu." 
 
Kita dapat melihat bahwa Tuhan tidak memberikan jawabannya atau pertolongannya langsung kepada perempuan itu tapi Tuhan mengajarkan kepadanya disaat dia mau bekerja dan berusaha maka Tuhan juga turut bekerja bersama-sama dia dan itu mendatangkan kebaikan bagi mereka. 

Jadi saya mengaja teman-teman jangan pernah berhenti dari fokus Anda sekalipun banyak hal yang kita tidak inginkan atau rencanakan terjadi dalam hidup kita, Tuhan sedang memproses kita dan Tuhan mau kita tetap berjalan dan tidak kehilangan Fokus dan janjiNya dalam hidup kita, karena Dia yang memberikan janji-Nya itu SETIA. GBU.

3 komentar:

nana kustiana mengatakan...

Amin ,Tuhan Yesus Memberkati

Piter Gusbager mengatakan...

Alleluia

Piter Gusbager mengatakan...

Alleluia

Posting Komentar