14 Juni 2020

Jangan Takut

Ketakutan tidak bisa dihindari, tapi Firman Tuhan memanggil kita untuk bersikap berani ? berbeda dengan kenyataan disaat kita harus menghadapi masalah yang seringkali membuat rasa takut itu justru lebih dominan untuk kita rasakan.

Ungkapan “jangan takut” muncul puluhan kali dalam Alkitab. Allah mengatakannya. “Jangan takut” maksudnya undangan Tuhan kepada kita untuk berani mendekat ke hadirat Tuhan atau menghadapi setiap masalah dengan keyakinan bahwa Tuhan beserta kita.

Sebelum Allah memberi tahu kita “jangan takut,” Dia mengingatkan kita tentang siapa Dia dan apa yang telah dan akan Dia lakukan.

Yesaya 41:10: “janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” Tuhan menyertai kita. Dia akan “meneguhkan,” “menolong,” dan “memegang” kita. Tuhan yang menyebut kita sebagai milik-Nya tidak akan meninggalkan kita. Bagian ini dilanjutkan dengan berkata, “Sesungguhnya, semua orang yang bangkit amarahnya terhadap engkau akan mendapat malu dan kena noda; orang-orang yang membantah engkau akan seperti tidak ada dan akan binasa; engkau akan mencari orang-orang yang berkelahi dengan engkau, tetapi tidak akan menemui mereka; orang-orang yang berperang melawan engkau akan seperti tidak ada dan hampa. Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.” (Yesaya 41: 11-13).

Dia adalah Tuhan kita, ancaman yang mengelilingi kita pada akhirnya tidak akan membahayakan kita. Yesus sendiri memberi tahu kita, “Janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa” (Matius 10:28).

Yesus mengatakan kepada mereka untuk tidak takut akan apa yang dilakukan musuh-musuh semacam itu terhadap mereka tetapi sebaliknya untuk “takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.” (Mat. 10: 28-31).

0 komentar:

Posting Komentar